Monday, October 11, 2010

perbedaan trackball dengan trackpad

Saat ini ponsel qwerty menggantikan ponsel berbasis keypad dan saat ini saya mau bahas tentang alat navigasi yang populer digunakan sebagai fitur yang memberikan kesan smartphone dan elegan,<!--more--> biasanya pada model blackberry dan nokia, lebih dominan pada blackberry (perintisnya) yang sekarang sudah beralih dari menggunakan trackball ke trackpad yang diisukan lebih baik daripada pendahulunya, trackball....
Peralihan ini tentunya disebabkan karena trackball yang lebih mudah macet dalam navigasinya karena terlalu sering digunakan atau terlalu lama tidak digunakan, karena akan menyebabkan kotoran atau debu yang mengendap di sela-sela lingkaran trackball yang menyebabkan kemacetan jika tidak dibersihkan dan apabila penggunanya malas merawat sehingga debu dapat masuk dan mengendap. Mungkin ini salah satu alasan beralih ke trackpad.
Kelebihan trackpad itu sendiri adalah designnya yang mengantisipasi kelemahan dari trackball tersebut, menyebabkan tidak memudahkan debu mengendap, menjadi lebih mudah dalam navigasi, tidak akan macet. Namun trackpad akan sensitif jika tangan atau jempol pengguna yang dalam keadaan berminyak, karena akan menyebabkan trackpad menjadi diluar kendali, dan [b]jika trackpad rusak akan lebih susah untuk memperbaikinya, untuk saat ini belum banyak keluhan mengenai kerusakannya, namun disarankan jangan menggunakan terlalu sering pada trackpad untuk melakukan enter, demikian halnya pada trackball... :ok:
Sumber:
http://realaks.blogspot.com/2010/07/apa-kelebihan-menggunakan-trackpad.html

1 comment:

  1. maafe numpang link blog :
    http://keluarga-khilmi.blogspot.com/

    ReplyDelete